Infiltrasi Hermeneutika terhadap Penafsiran Ayat-Ayat Ahkam – Kritik atas Pemikiran Fazlur Rahman dan Muhammad Syahrur

Rp 15.000,00

Judul: Infiltrasi Hermeneutika terhadap Penafsiran Ayat-Ayat Ahkam – Kritik atas Pemikiran Fazlur Rahman dan Muhammad Syahrur

Penulis: Deden Robi Rahman

Penerbit: Centre Of Islamic and Occidental Studies (CIOS)

Ukuran: 12×18 cm

Jenis Cover: Soft Cover

Tebal: xv+115 hlm.

ISBN: 978-979-16650-7-0

Hermeneutika sebagai teori interpretasi dianggap menjadi solusi alternatif  bagi studi interpretasi Al-Qur’an oleh sejumlah kalangan muslim kontemporer seperti Fazlur Rahman dengan teori Gerak Gandaya (double movement) dan Syahrur dengan teori Batasnya (nazariyyah al-hudud). Wacana demikian segera mendapat sambutan luar biasa dari kalangan Islam libral Indonesia. Padahal upaya demikian sebenarnya sama artinya dengan pembenaran terhadap proses infiltrasi hermeneutika dalam studi Al-Qur’an ini.

Buku ini mengkaji secara kritis model interpretasi hermeneutika, dalam kaitannya dengan penafsiran ayat-ayat ahkam, yang secara khusus menganalisis konsep Double Movement Fazlur Rahman dan Teori Batas Muhammad Syahrur. Dalam praktiknya, Fazlur Rahman maupun Syahrur berhasil melakukan “pembaruan” dalam arti menciptakan sesuatu yang baru, meskipun pada hakikatnya bukanlah pembaruan (tajdid), melainkan pembauran (tabdid). Hal ini didasarkan pada pendekatan interpretasinya yang berdasarkan pada paradigma dan worldview Barat.

CIOS UNIDA Gontor