Islamisasi Sains

Rp 125.000,00

Judul Buku : Islamisasi Sains
Penulis : Budi Handrianto
Penerbit : Institute for the Study of Islamic Thought and Civilization (INSISTS)
Jenis cover : Soft
Tebal : 277 Hal
ISBN : 978-602-52894-1-5
Deskripsi buku
Buku ini berisi tentang sejarah, konsep, paradigma, makna, fakta dengan agenda Islamisasi ilmu pengetahuan, khususnya di bidang sains alam (natural sciences). Diawali dengan pembahasan konsep ilmu menurut islam (kajian ilmu filsafat), proses naturalisasi ilmu pengetahuan dari peradaban satu kepada peradaban yang lain, sejarah dan proses Islamisasi ilmu pengetahuan di masa kejayaan peradaban Islam.
Selain itu di buku ini juga dikemukakan permasalahan di dalam konsep sains barat termasuk kritik-kritik para ilmuwan, baik dari Barat sendiri maupun ilmuan Islam. Dari kritik tersebut, munculnya gagasan Islamisasi ilmu pengetahuan terhadap pengetahuan kontemporer yang diawali oleh Syed M. Nuqaib Al-attas. Gagasan al-Attas mengenai Islamisasi ilmu pengetahuan dipopulerkan oleh Ismail R. Al-faruqi dengan mendirikan IIIT termasuk cabangnya di Indonesia
Gagasan Islamisasi ilmu pengetahuan tidak sepi dari kritik-kritik internal, itu pun disampaikan di buku ini. Beberapa kritik terjadi karena kekurangpahaman terhadap konsep islamisasi ilmu pengetahuan. Hal ini karena menganggap proses Islamisasi ilmu pengetahuan bersifat mekanis tanpa melihat proses epistemologi.

CIOS UNIDA Gontor