Mengapa Barat menjadi Sekuler-Liberal?

Rp 10.000,00

Judul: Mengapa Barat menjadi Sekuler-Liberal?

Penulis: Adian Husaini

Penerbit: Centre Of Islamic and Occidental Studies (CIOS)

Ukuran: 12×18 cm

Jenis Cover: Soft Cover

Tebal: xiii+54 hlm.

ISBN: 978-979-16650-4-9

Sekularisasi memang merupakan fenomena khas dalam dunia Kristen. Sejak awal mula, kaum Kristen diajarkan – baik dalam persepsi maupun praktis – untuk memisahkan antara Tuhan dan Kaisar dan dipahamkan tentang adanya kewajiban yang berbeda antara keduanya.

Didalam tulisan ini setidaknya, ditemukan tiga factor yang melatar belakangi sekulerisme dan liberalisme di Barat: Prtama, trauma sejarah, khususnya yang berhubungan dengan dominasi agama (Kristen) di zaman pertengahan. Kedua, problem teks Bible (Kristen menebutnya perjanjian lama), yang hingga kini masih merupakan misteri, termasuk soal siapa yang sebenarnya menulis. Demikian juga perjanjian Baru (The New Testamen) juga menghadapi banyak problem otentisitas teks. Dan ketiga, problema teologi Kristen.

Dengan ditemukan beberapa hal ini, penulis menyayangkan jika dikalangan Muslim banyak cendikiawan yang latah dan ikut-ikutan prilaku Barat dalam membunuh agama mereka. Menurut penulis, jika Barat “masuk ke lobang biawak”, mengapa kaum Muslim harus mengikuti mereka?

CIOS UNIDA Gontor